Sabtu, 04 Juli 2020

Yayasan Pandawa Edukasi Petani Tentang Ketahanan Pangan Berbasis Budaya

Bandung - Jane Shalimar  bersama  Yayasan Pandawa pimpinan Erwin Suharnoko menjalankan program Ketahanan Pangan Berbasis Budaya yang diperuntukkan bagi petani. 

"Lahan tidur yang ada di daerah mereka kita garap, SDM nya mereka-mereka juga (warga desa/maasyarakat disitu) yang kita dampingi dan beri pelatihan. Saat panen, yang membantu memasarkan dan menjualkan adalah kita (Yayasan Pandawa), hasilnya kita bagi rata," jelas Jane

Sekretaris Departemen V, Pembangunan & Infrastruktur DPP Partai Demokrat ini mengatakan bahwa Yayasan Pandawa melatih kesiapan mereka sebagai SDM mandiri mulai dari lingkungan terkecil (keluarga dirumahnya) membuat hidroponik, meningkat ke skup menengah (menggarap lahan per-desa), lalu skup besar (industri) yg menggarap lahan besar dan bekerjasama antar desa.

"Dengan pola seperti itu kita berharap mereka bisa membangun kerjasama antar desa dan mengatur sendiri apa yang ingin mereka tanam lalu pasarkan, Pandawa hanya membuatkan pola, memberi pelatihan, melakukan survey detail (krn ada beberapa profesor yang ahli di bidangnya masing-masing) dan memberi pendampingan baik secara formil dan hukum kepada mereka," tutur Jane

Menurutnya sudah ada beberapa desa yang  menjalani program ini, sejauh ini hasilnya berupa kopi, sayuran, umbi-umbian dan bawang yang kualitasnya sangat baik.

"Kalau selama ini mereka hanya bisa menjual kepada tengkulak dengan harga yang sangat rendah, kita buatkan pola pemasaran dengan mengajak pihak tengkulak untuk menjalankan pola tersebut, jadi semua bisa merasakan manfaatnya,"

Dirinya berharap, program ini sejalan dengan program Partai Demokrat yaitu pro-rakyat dan membawa kemaslahatan bagi ummat. 

"Kami yang berkecimpung dalam yayasan ini dan meramu pola programnya Prof. Sriwahyuni Adiwarsono & Erwin Suharnoko adalah kader-kader partai Demokrat," tukasnya

Daerah yang kmrin didatangi menjadi potensi garapan dan sedang dipersiapkan pendampingannya adalah Desa Sukamulya, Kec. Kutawaringin-Kab. Bandung.

"Semoga program ini kedepannya bisa kami amplifikasikan dengan Partai Demokrat dan bisa dijalankan di daerah-daerah lain," tutup Jane.

Utama

PP Muhammadiyah Apresiasi Partai Demokrat Yang Terus Bangun Komunikasi dan Dengarkan Suara Rakyat

Jakarta : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan silaturahmi politiknya. Setelah sebelumnya mengunjun...