Kamis, 09 Juli 2020

Tragis Bocah Umur 5 Tahun Jadi Korban Kejahatan Tetangganya Sendiri, Dirampok, Diperkosa, dan Ditenggekamkan

Pasuruan - Sungguh biadab apa yang dilakukan pasangan suami istri (pasutri) dari Dusun Kelompang, Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan.

Mereka yang baru menikah 2 minggu tersebut tega menghabisi nyawa R, anak perempuan berusia 5 tahun yang tak lain adalah tetangganya.

Lebih ironisnya lagi, pelaku yang diketahui bernama Moch Tohir (27) dan Ifa Maulaya (19) diduga melakukan lebih dari satu jenis kejahatan. Yakni perampokan atau pencurian dengan kekerasan, penganiayaan, pemerkosaan dan pembunuhan berencana.

Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, Selasa (07/07/2020) sore, warga digegerkan dengan temuan mayat di sebuah saluran irigasi, Selasa (7/07/2020) sore. Dari hasil analisa di TKP (tempat kejadian perkara) maupun otopsi RS Bhayangkara, didapati luka memar/lebam di bagian belakang kepala serta luka robek pada alat vital korban. Dari bukti-bukti tersebut, diduga kuat korban dipukul dan disetubuhi.

“Dari hasil otopsi RS Bhayangkara Porong plus analisa di lapangan, petugas menemukan luka lebam pada kepala bagian belakang. Lebam ini akibat dihantam atau dipukul benda tumpul. Kemudian ditemukan juga luka robek pada alat vital korban, sehingga diduga kuat adanya persetubuhan,” kata Rofiq, dalam keterangan persnya di depan Gedung Panaluan Mapolres Pasuruan, Rabu (08/07/2020) siang.

Selain Analisa TKP dan otopsi, kepolisian juga mendapatkan banyak keterangan dari para saksi yang melihat orang yang terakhir kali bersama korban. Hanya selang beberapa jam saja, jajaran Reskrim Polres Pasuruan langsung menangkap kedua pelaku tersebut dan menetapkannya sebagai tersangka.

“Untuk sementara kami menduga dua orang ini yang melakukan kejahatan dengan cara keji ini,” singkatnya.

Sebelum menghabisi nyawa anak tak bersalah ini, pelaku terlebih dulu mengajak korban yang didapati tengah bermain bersama teman-temannya, untuk masuk ke rumahnya. Caranya pun sangat mudah, yakni mengiming-imingi es krim. Kata Rofiq, setelah berhasil masuk rumahnya, pelaku kemudian memperkosa korban sebanyak dua kali. Setelah nafsu bejatnya tersalurkan, pelaku meminta istrinya untuk mengambil kalung dan gelang yang melekat di tubuh korban.

Tak selesai sampai di situ, pelaku kemudian membawa korban ke belakang rumahnya dan memukul kepala korban hingga tak sadarkan diri, lalu menenggelamkannya ke saluran irigasi (parit)  sampai tak bernyawa.

“Ketika diperkosa, istrinya tidak tahu. Tapi ketika di belakang rumahnya, pelaku meminta istrinya mengambil batang pohon untuk memukul kepala korban. Selesai memukul, pelaku menenggelamkan korban ke parit sampai dua kali. Rupanya ini untuk memastikan korban benar-benar meninggal,” ungkap Rofiq.

Dari hasil penyelidikan, polisi menetapkan beberapa pasal pada pelaku. Yakni UU Nomor 35 tahun 2014 Pasal 80 ayat 1 dan Pasal 81 ayat 3 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara. Kemudian pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP dengan ancaman penjara seumur hidup, serta Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana 15 tahun kurungan dan Pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan dengan ancaman 12 tahun penjara.

Dengan kejadian tersebut, Rofiq juga menghimbau kepada setiap orang tua agar tak melengkapi anak gadisnya yang masih kecil dengan perhiasan yang menyolot mata. Hal itu penting dilakukan agar tak menarik niat buruk para pelaku kejahatan.

“Pelakunya bisa melakukan perampokan, bisa juga penganiayaan. Jadi saya himbau kepada setiap orang tua agar tak melengkap anak gadisnya yang masih di bawah umur dengan perhiasan yang bisa menarik niat jahat pelaku. Ini demi kebaikan bersama,” tutup Rofiq.

Sementara itu, saat ditanya untuk apa pelaku tega merampas perhiasan korban, dengan entengnya ia menjawab “untuk beli sosis”.

Utama

Dialog Dengan Pedagang Kaki Lima, Ketum AHY Luncurkan Gerakan Nasional Demokrat Bina UMKM

Jakarta : Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak. Usaha mereka sepi pembeli...