Senin, 29 Juni 2020

Demokrat Tegaskan Pancasila Sudah Final Jangan Buka Luka Lama Dengan Perdebatan Yang Tidak Perlu

Indramayu - Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Dr Ir H Herman Khaeron MSi (Hero) menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di sebuah rumah makan di wilayah Kecamatan Jatibarang Kebupaten Indramayu, Jum’at (26/6).

Hero mengatakan, ajakan untuk mengimplementasikan Pancasila sebenarnya sudah dilakukan saat pak SBY (Susilo Bambang Yudoyono) sebagai presiden dan Taufik Kiemas sebagai Ketua MPR RI. Pasalnya pasca reformasi ruh Pancasila melemah, jika dibandingkan saat Orde Baru, dimana sangat kuat dengan adanya Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) dan yang lainnya.

“Saat ini ajakan untuk memperkuat Pancasila terus dilakukan oleh DPR RI melalui Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan atau Sosialisasi Empat Pilar MPR,” tandas Hero.

Terkait polemik Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang banyak menuai protes dan menjadi pertentangan, Hero berharap hal itu tidak akan merubah dasar Negara Indonesia.

Menurutnya, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara tegas menolak RUU HIP, karena Pancasila sudah final.

Dikatakan, munculnya RUU HIP berakibat kembali terjadi pertentangan. Padahal saat ini bangsa Indonesia sedang dihadapkan dengan pandemik  covid-19 yang berdampak pada bidang social dan ekonomi serta sendi-sendi kehidupan lainnya. Akan lebih baik kalau kita focus untuk membantu pemerintah, membantu Negara, membantu presiden untuk mengembalikan situasi ekonomi.

Hero menambahkan, Pancasila yang ada saat ini adalah Pancasila yang termaktub dalam Undang-undang Dasar 1945.

“Ini adalah Pancasila dasar Negara kita, falsafah Negara kita yang sudah final. Jangan membuka luka lama, membuka perdebatan yang tidak perlu, yang sudah menjadi konsensus para pendiri bangsa ini,” tegas anggota Komisi VI DPR RI ini.

Hero menjelaskan, anggota DPR/MPR RI sampai saat ini masih terus melaksanakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ditengah pandemic covid-19. Tentunya dengan tetap mengedepankan protocol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan selalu cuci tangan.

Utama

Barisan Partai Perindo Sliyeg Siap Menangkan SHOLAWAT

Indramayu - Barisan Relawan Perindo (BARINDO) mengadakan sosialisasi pemenangan paslon SHOLAWAT (Sholihin-Ratnawati) di desa Gadingan Sliyeg...