Sabtu, 23 Mei 2020

Sambut Hari Raya Idul Fitri Dengan Semarakan Takbir


Sudah jadi kelaziman apabila malam sebelum hari raya Idul Fitri, umat muslim akan mengucapkan takbir atau yang sering disebut takbiran. Sudah tahu bacaan takbiran Idul Fitri yang benar?

Ya, terkadang di beberapa daerah, takbiran bahkan digelar secara meriah dengan pawai dan arak-arakan keliling kota. Semua ini dilakukan dalam rangka sukacita menyambut hari raya Idul Fitri.


Lalu bagaimana pelafalan takbir yang benar?

Mengutip laman NU Online, takbir pada dasarnya adalah sebagian dari dzikir sehingga tak ada larangan dalam bertakbir selama masih dalam batas wajar.

Sementara itu, takbir sendiri apabila merujuk pada aturan pembacaannya dibedakan menjadi dua macam, yaitu takbir mursal dan takbir muqayyad.


Takbir mursal adalah bacaan takbir yang tidak terikat waktu, yang biasanya dibacakan sepanjang malam seperti takbir pada malam Idul Fitri dan Idul Adha.

Sementara, takbir muqayyad adalah takbir yang aturan pembacaannya terbatas, biasanya diucapkan setelah selesai salat lima waktu.

Untuk memudahkan, berikut adalah bacaan takbiran Idul Fitri:

Lafal takbiran latin: Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd.

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya untuk Allah."

Mwngutip dari akun instagran Ustadz Abdul Somad Dalil Takbir sebagai berikut :

1. Surah al-Baqarah ayat 185.
2. Ummu 'Athiyyah berkata, "Kami (wanita) diperintahkan agar keluar (ikut) melaksanakan shalat Idul Fithri. Para wanita ikut bertakbir".
3. Umar ibn al-Khattab bertakbir dengan suara nyaring.

Waktu Bertakbir:

Dari sejak tenggelam matahari hari terakhir Ramadan hingga khatib naik mimbar.

Utama

Silaturahmi Paslon Sholawat ke Ponpes Al-Zaytun

Indramayu - Paslon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Sholihin Ratnawati (Sholawat) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Zaytun Senin, 27 Se...