Rabu, 08 April 2020

Malam Nisfu Sya'ban Malam Lailatul Baro'ah

Dunia Umroh : Salah satu malam yang paling dinanti dan dimuliakan oleh umat Islam adalah Malam Nisfu Sya'ban atau malam dipertengahan bulan Sya'ban. Tepatnya pada tanggal 15 Syaban. 

Malam ini juga disebut dengan Lailatul Baro'ah yang artinya malam pengampunan dosa, malam dimana saat semua buku amal ibadah manusia ditutup dan diganti dengan lembaran baru. Pada tahun ini nisfu sya'ban akan jatuh pada hari Rabu, 8 April 2020.

Menurut Imam Asy Syafii, doa yang dikabulkan oleh Allah SWT pada 5 malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nisfu Syaban.

Rasulullah SAW bersabda: 

"Allah Ta'ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh keterlibatan-Nya pada malam Nisfu Sya'ban. Dan Allah Ta'ala mengampuni seluruh penemuan-Nya dengan orang-orang musyrik dan orang-orang saling berdengki satu sama lain." (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu 'anhu).

Pada malam Nisfu Sya'ban biasanya umat Islam di Indonesia diminta untuk membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali, berzikir, berdoa sebanyak-banyaknya karena buku amalan umat Islam akan ditutup.

Pengasuh Ponpes Al Hawthah Al Jindaniyah, Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan mengatakan, membaca Surah Yasin tiga kali dan zikir bersama-sama pada malam Nisfu Sya’ban merupakan perkara yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Habib Jindan juga menjelaskan bahwa Malam nisfu sya’ban adalah malam yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala serta malam yang penuh dengan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. 

Banyak diriwayatkan dari hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wasallam yang menyebutkan tentang keistimewaan dan kemuliaan malam nisfu syaban. 

"Sebagaimana juga pembacaan Surat Yasin tiga kali merupakan amal ibadah yang ketika membacanya dan kemudian bertawassul kepada Allah SWT dengan berkat pembacaan ayat suci Al-Qur’an, amal ibadah yang kita lakukan ini agar Allah memanjangkan umur," tutur Habib Jindan.

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...