Jumat, 20 Maret 2020

MUI Kota Cirebon Tetap Laksanakan Sholat Jum'at

Cirebon : Ketua Umum MUI Kota Cirebon, Drs. KH. Sholihin Uzer mengatakan sesuai dengan fatwa MUI pusat dan surat edaran dari Provinsi Jawa Barat bahwa umat Islam harus berhati-hati dalam melaksanakan amal dan ibadah.

“Hati-hati dan teliti, karena ini berkaitan dengan masalah ibadah. Sholat berjamaah, sholat Jumat, itu harus hati-hati,” ujarnya seperti yang dilansir About Cirebon di Kantor MUI Kota Cirebon, Jalan RA. Kartini, Kota Cirebon, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya kalau umat Islam merasa kurang sehat, ada rasa sakit, lebih baik melaksanakan sholatnya di rumah. Hal tersebut untuk mencegah dan menularnya penyakit yang oleh kita diwaspadai.

“Kalau memang betul-betul sehat dan meyakinkan, yakin tidak sakit silakan ke masjid. Khususnya masjid-masjid besar dihimbau bagi jamaah yang sudah berwudhu masuk ke masjid untuk mencuci tangan kembali,” terangnya.

Sholihin menghimbau masjid-masjid yang besar untuk menyediakan tempat cuci tangan di depan pintu masuk. Sehingga, perintah Allah di laksanakan, perintah fatwa MUI dilaksanakan, dan perintah pemerintah dilaksanakan.

Terkait pelaksanaan sholat Jumat, Ketua MUI Kota Cirebon menegaskan bahwa, pelaksanaan sholat Jumat di Kota Cirebon tetap dilaksanakan.

“Namun, dengan catatan orang yang betul-betul merasa sehat dan tidak mempunyai riwayat penyakit menular. Kalau punya riwayat penyakit menular dihimbau untuk tidak ke masjid,” tegasnya.

Sampai saat ini, tambah KH. Sholihin, belum ada laporan masjid-masjid yang ada di Kota Cirebon yang melaporkan tidak melaksanakan sholat Jumat.

“Khusus di Kota Cirebon, tidak ada yang melaporkan, semua masjid tetap melaksanakan sholat Jumat. Namun dengan syarat tadi, hati-hati dan teliti,” pungkasnya.(about cirebon)

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...