Sabtu, 07 Maret 2020

Kyai Nyetrik Ayip Abdullah Abbas Tutup Usia

Cirebon : Pondok Buntet Pesantren Cirebon berduka KH Ayip Abdullah Abbas telah berpulang ke haribaan Allah SWT di Rumah Sakit Hasna Medika, Cirebon, Jawa Barat, pada Sabtu (7/3) pukul 01.03 WIB. 

Putra ketiga KH Abdullah Abbas ini merupakan sosok yang dikenal nyentrik. Pasalnya, ia banyak bergaul dengan masyarakat yang termarjinalkan.

Tokoh yang lebih dikenal dengan sebutan Kang Ayip ini begitu tulus membina anak-anak muda agar menjadi pemuda yang berguna bagi bangsa dan negara.

Kang Ayip merupakan tokoh pejuang shalawat. Komunitas Shalawat Nariyah ia dirikan tanpa memandang siapa jemaahnya. Bahkan para preman, pemabuk ia ajak untuk bershalawat.

Tidak jarang cibiran tertuju untuknya, namun kang Ayip selalu konsisten pada perjuangannya. Bukan pansos atau ajang mencari uang, dirinya benar-benar tulus memperbaiki ahlak anak manusia.

Salah satu yang berhasil ia rubah adalah anak-anak motor XTC. Kang Ayip berkenan menjadi ayah dari organisasi ini, bahkan XTC kota Cirebon bisa menjadi barometer perubahan image XTC di Indonesia.

Kang Ayip pada masa hidupnya menjuluki XTC kota Cirebon dengan sebutan XTC Eling. Hingga sebutan itu semakin meluas ke XTC Ciayumajakuning.

Dirinya pun memilih tinggal di desa Padabenghar Mandirancan kabupaten Kuningan. Kendatipun tidak tinggal di komplek pesantren Buntet namun kediamanya selalu ramai dikunjungi berbagai kalangan dari penjahat sampai penjahat diterima dengan baik oleh Kang Ayip

Kegiatan Shalawat Nariyah rutin ia selenggarakan dikediamanya setiap Jum'at malam Sabtu. Kang Ayip adalah salah satu kyai yang ikhlas tidak mengharap dibayar dalam syiar Islamnya.

Beliau menghembuskan nafas terahir di rumah sakit Hasna Medika Cirebon. Selamat jalan Kang Ayip selamat jalan pejuang shalawat. (ach)

Utama

Silaturahmi Paslon Sholawat ke Ponpes Al-Zaytun

Indramayu - Paslon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Sholihin Ratnawati (Sholawat) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Zaytun Senin, 27 Se...