Kamis, 19 Maret 2020

Kominfo Pastikan Hoax Pesan Berantai Jakarta Disemprot Disinfektan

Jakarta : Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan kabar larangan keluar berkendaraan motor karena Jakarta akan disemprot disinfektan dari udara adalah bohong alias hoax.

Beredar informasi berantai yang melarang masyarakat keluar dari rumah karena sejumlah jalan di Jakarta akan disemprot disinfektan pencegah Corona yang bisa membuat kulit alergi. Pada pesan tersebut mencantumkan web kominfo namun tidak bisa dibuka.

"Itu hoax, itu tidak betul. Kominfo tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Jangan diklik link itu. Karena, kalau diklik, terkesan situs Kominfo lemot. Tapi kalau langsung ke portal Kominfo, tidak," ujar Plt Kabiro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/3/2020).

Pesan berantai tersebut mengatasnamakan Kementerian Kominfo. Pria yang akrab disapa Nando ini mengatakan pihak Kominfo sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk menelusuri siapa penyebar atau pembuat hoax tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan Polri untuk mencari tahu siapa penyebar pertamanya. Kami langsung koordinasi dengan cyber crime-nya Polri," ujarnya.

Kominfo dan Polri akan terus memburu penyebar pesan hoax di tengah pandemi Corona saat ini. Kominfo sudah mengidentifikasi ratusan hoax terkait COVID-19 ini.

"Sampai hari ini hoax COVID itu sudah mencapai 262 hoax," ujarnya.

Hari ini beredar info yang tersebar di media sosial dan pesan berantai menyebutkan seluruh warga DKI Jakarta dilarang ke luar rumah pada hari ini mulai pukul 14.30 hingga 22.00 WIB.

Warga disebut dilarang ke luar rumah menggunakan roda dua atau berjalan kaki karena akan ada pencegahan Corona dengan menyemprotkan disinfektan dosis tingkat 1 yang menyebabkan alergi pada kulit dan gangguan pernapasan. Pesan itu juga merinci jalan-jalan di Jakarta yang dilarang dilalui.

Dalam pesan berantai itu juga ditautkan situs Kominfo yang membuat seolah-olah info tersebut berasal dari Kominfo. Stop hoax dong negara sedang darurat masih aja sebar hoax. Jangan bikin panik sebaiknya memberikan informasi yang benar.

Utama

Dialog Dengan Pedagang Kaki Lima, Ketum AHY Luncurkan Gerakan Nasional Demokrat Bina UMKM

Jakarta : Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak. Usaha mereka sepi pembeli...