Sabtu, 21 Desember 2019

XTC Ciko Ikuti Bebersih Forum Peduli Lingkungan dan Budaya Caruban

E-NewsInd : Ratusan masyarakat Kota Cirebon yang mengatasnamakan Forum Peduli Lingkungan dan Budaya Caruban melakukan aksi bersih- bersih di sekitar bangunan tua BAT kota Cirebon, Jum'at (20-12/2019). 

Sejak pagi hari, mereka memungut sampah yang berserakan di sekitar kawasan BAT tersebut. Bersih- bersih juga dilakukan di sekitar lapang Kebumen. Aksi ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.


Ketua Forum Peduli Lingkungan dan Budaya Caruban, M. Dany Jaelani mengatakan, kerja bakti dilaksanakan rutin setiap Jumat. Menurutnya, aksi bersih- bersih ini melibatkan seluruh pihak baik dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon, komunitas dan elemen masyarakat lainya.

"Rutin kita lakukan setiap hari Jum'at, istilahnya Jumsih (Jum'at bersih). Kita ajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta melakukan aksi bersih- bersih ini, " kata Dany.

Selain bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, aksi bersih- bersih ini juga dilakukan dalam rangka mewujudkan Kota Cirebon bersih di tahun 2020. 

"Kami ingin kesadaran masyarakat pada tahun 2020 terkait kebersihan meningkat, termasuk perusahaan swasta ikut andil di dalamnya," katanya.

Sementara itu, Ketua XTC Kota Cirebon, Jaka Permana sebagai bagian dari acara itu mengatakan, Minggu depan sesuai arahan Dinas Lingkungan Hidup aksi serupa akan dilaksanakan serentak di seluruh Kota Cirebon. Ia berharap dengan refleksi akhir tahun pada Jumat terakhir di tahun 2019 Jumsih serentak ini dilaksanakan.

"Tentunya XTC akan kerahkan seluruh anggota untuk minggu terahir 2019. Menurut pa kadis LH H.
Syukur menargetkan kesadaran masyarakat meningkat dalam hal kebersihan. Beliau akan membuat surat resmi tentang jumsih terahir 2019," tutur Jaka

Menurutnya kalau hanya sekedar protes tentang masalah kebersihan tentunya lebih baik berbuat turut membersihkan kota.

"Kalau kita ingin kota Cirebon bersih tentunya harus bersama kita wujudkan. Jangan saling melempar kesalahan, kritis boleh tapi harus ada solusi membangun," tukas Jaka.(Ach) 

Utama

PP Muhammadiyah Apresiasi Partai Demokrat Yang Terus Bangun Komunikasi dan Dengarkan Suara Rakyat

Jakarta : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan silaturahmi politiknya. Setelah sebelumnya mengunjun...