Kamis, 28 November 2019

PSSI Bantah Pemain Timnas Indonesia Makan Babi

E-NewsInd : pSSI membantah beredarnya berita yang menyebut pemain Timnas Indonesia tak sengaja memakan daging babi. PSSI menegaskan bahwa tidak ada pemain muslim di timnas U-22 yang mengonsumsi daging babi di hotel tempat mereka menginap di Filipina selama SEA Games 2019.

"Makanan non halal hanya dimakan oleh pemain non muslim. Kalau yang muslim tetap mengonsumsi makanan halal, tidak ada yang memakan daging babi," ujar Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo di Manila dikutip dari antaranews.com.

Gatot menyebut, kurang kentaranya tanda pemisah sempat membuat seorang ofisial timnas U-22 Indonesia keliru mengonsumsi daging babi. Dia baru menyadari setelah diingatkan oleh pelayan.

“Namun itu hanya satu orang, yang lain tidak. Pemain timnas U-22 yang muslim tidak ada yang mengonsumsi daging babi,” tutur dia.

Sebelumnya dikabarkan pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2019 dikabarkan tak sengaja makan daging babi di Filipina karena tak ada informasi yang jelas dari panitia. 

Menurut laporan Maki Pulido yang dilansir GMANews, keteledoran panitia penyelenggara membuat para pemain tak sengaja mengonsumsi makanan yang terlarang bagi para pemain muslim. 

"Sampai sekarang mereka belum menangani informasi dengan baik. Jadi kami harap di hari-hari mendatang mereka bisa memperbaiki hal ini untuk memisahkan makanan halal dan non-halal," kata Media Officer Timnas Indonesia, Gatot Widakdo. SEA Games di Filipina memang dipenuhi kontroversial jelang dibuka secara resmi pada Sabtu (30/11). 

Sejumlah kontingen mengeluhkan kinerja panitia yang tak maksimal. Singapura juga secara resmi mengirimkan surat kepada Panitia Penyelenggara Pertandingan Olahraga Asia Tenggara Filipina (PHISGOC) setelah mereka mengalami sederet masalah mulai dari transportasi, akreditasi, dan kurangnya makanan halal. Tim Floorball dan Netball Singapura terpaksa membeli makanan sendiri untuk mengurangi risiko mengonsumsi makanan tidak halal.

 "Saya rasa mereka (PHISGOC) sedikit kewalahan karena ada beberapa tim yang datang bersamaan dan tentu saja berpotensi terjadi kekurangan di sana-sini," kata Manajer Tim Singapura, Samuel Tan. Timnas Thailand U-23 juga sempat menyayangkan kemacetan di Filipina yang membuat Gajah Perang membatalkan latihan. 

Jadi yang gak sengaja makan daging babi hanya satu orang official timnas bukan pemain timnas. Karena setelah kejadian itu ada yang memberitahu dan mengingatkan. Semoga panitia lebih teliti dan lebih baik melayani semua kontingen.(ach/ist)

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...