Sabtu, 26 Oktober 2019

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20, Kebanggan dan Tantangan

E-NewsInd : FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam pengumuman yang berlangsung di Shanghai, China, Kamis (24/10). 

Indonesia berhasil menyisihkan dua negara Amerika Selatan, Peru dan Brasil. 

Turnamen ini akan melibatkan 20 negara peserta dan akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021 dan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang lolos otomatis sebagai tuan rumah.

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah turnamen resmi FIFA. Sebelumnya, turnamen besar yang pernah digelar Indonesia adalah Piala Asia 2007 bersama Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Indonesia berhasil menyisihkan Peru setelah sebelumnya Brasil, Myanmar-Thailand, Bahrain-Arab Saudi-Uni Emirat Arab, mundur dari persaingan.

Dengan menjadi tuan rumah, Indonesia mendapat jatah satu tempat pada turnamen mendatang. Indonesia pun bakal tampil di Piala Dunia U-20 untuk kali kedua sepanjang sejarah setelah sebelumnya pernah ambil bagian pada 1979 di Jepang.

Jangan mengira piala Dunia U20 ajang yang biasa saja. Banyak pemain bintang setidaknya lebih dari 10 pemain top dunia ikut berlaga membela negaranya.

Dulu Diego Maradona dua kali mencetak dua gol saat Argentina mengalahkan Indonesia menang 5-0 di Piala Dunia U-20 1979. Selain kalah dari Argentina, Indonesia juga kalah dari Polandia dan Yugoslavia.

Indonesia menjadi negara Asia ketujuh yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Nusantara mengikuti jejak Jepang (1979), Arab Saudi (1989), Qatar (1995), Malaysia (1997), Uni Emirat Arab (2003), dan Korea Selatan (2017).

Tentunya kita gak ingin kejadian tahun 1979 terulang lagi. Kita menjadi juru kunci grup dengan tidak oernah menang.

Sebagai tuan rumah kita tentu harus mampu setidaknya lolos dari fase grup. Kalau mungkin seperti korea dan jepang bisa melaju sampai ahir.

Tugas berat tentunya bagi PSSI dan pemerintah untuk menjamu tim yang akan berlaga pada piala dunia. Selain itu harus menyiapkan kerangka tim yang tidak malu-maluin.

Kemungkinan tim yang akan tampil adalah yang sekrg tergabung dalam timnas U19. Beckham Putra, Bagas dan Bagus Kahfi, Supriadi dan lainya memang memiliki skil dan mental yang bagus. Bahkan kalau boleh dikatakan mereka lebih baik dari pemain senior. 

Tim junior Indonesia selama ini ditangani oleh Bima Sakti dan juga Fachri Husaeni, namun tidaklah cukup kalau mereka menjadi head coach karena ini event kelas dunia. 

Semoga PSSI dan pemerintah mampu menyipakan kerangka tim dan segala hal untuk gelaran ajang ini. Indonesia bukan yang terbaik di Asean namun urusan lapangan dan penonton Indonesia lah juaranya.(Ach)

Utama

PP Muhammadiyah Apresiasi Partai Demokrat Yang Terus Bangun Komunikasi dan Dengarkan Suara Rakyat

Jakarta : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan silaturahmi politiknya. Setelah sebelumnya mengunjun...