Minggu, 22 September 2019

Seribuan Orang Ikuti Gerakan World Cleanup Day Kota Cirebon

E-NewsInd : Seribuan orang mengikuti gerakan bersih-bersih dan deklarasi Cirebon damai dalam rangka peringatan World Cleanup Day 2019. Kegiatan ini mengusung tema, ‘ayo dukung gerakan bersih sampah serentak di 158 negara’,  berlangsung di gedung BAT Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (21/9-2019).

Kegiatan ini dihadiri Walikota Cirebon Nashrudin Azis, Sekda Kota Cirebon Anwar, Kadis Sosial Kota Cirebon Iing Diaman, Komandan Polairud Kota Cirebon Kompol Deli Rohendi, Wadan Denpom 3/Cirebon Mayor Com Bejo Sumaryanto, Pasi Ops Kodim 0614/Kota Cirebon Kapten Arm Toto, Kapolsek Lemawungkuk Iptu Abdul Majid, Lanal Cirebon Peltu Iwan, KSOP Kota Cirebon Purgana oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Abdulah Syukur, Camat Lemah Wungkuk Makruf Nuryasa.

Sedangkan unsur organisasi yang hadir diantaranya XTC kota Cirebon, Sapma Pemuda Pancasila, Macan Ali, FKPPI, Relawan Indonesia Mandiri dan beberapa oraganisasi masyarakat lainya.

Ketua Sapma PP kota Cirebon R. Marsha mengatakan berkumpul dalam rangka gerakan bersih-bersih terbesar didunia yang diikuti 158 negara. Berkomitmen membersihkan planet bumi dari sampah.

"Indonesia jadi negara pertama yang memimpin aksi clean up day pada tahun 2018 dengan 7.688.332 sampah. Gerakan ini harus digerakan sampai ke daerah-daerah di Cirebon,"tutur Marsha

Lokasi pembersihan dibagi 4 zona, yaitu di sekitar pintu 1 pelabuhan, di sekitar BAT, di sekitar Kebumen dan sekitar Kantor Pos.

Makruf Nuryasa Camat Lemah Wungkuk mengatakan bahwa gerakan inklusif ini bertujuan menyatukan berbagai kalangan berbagai latar belakang untuk berdiri dibarisan yang sama membersihkan Indonesia.

"Kalau kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita," tutur Makruf

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan  menyatukan masyarakat dengan instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon supaya Kota Cirebon menuju kota bersih, tertib dan hijau di tahun 2020 mendatang.(Ach)

Utama

Libur Kampanye Sehari, Cawabup Ratnawati Ajak Anak Yatim Jalan-jalan

Indramayu - Padatnya jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu tak membuat alasan berkurangnya perhatian salah satu calon...