Senin, 19 Agustus 2019

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dibacakan 15 Agustus 1945 di Cirebon

E-NewsInd - Tanggal 15 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi Cirebon. Tokoh nasional dr.Soedarsono memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di Cirebon.

Beliau adalah dokter di RS Oranje yang sekarang bernama RSUD Gunung Jati. Cirebon merdeka lebih dulu dari Jakarta dengan Naskah Proklamasi dari Sjahrir. Tugu Proklamasi yang berada di perempatan jalan Siliwang Cirebon jadi saksi  peristiwa itu.

Soedarsono sendiri kemudian menjadi Mendagri pada Kabinet Sjahrir II. Beliau merupakan ayah dari mantan Menteri Pertahanan (Menhan) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Juwono Soedarsono.

Pembacaan naskah Proklamasi dilakukan di Alun-alun Kejaksan Cirebon pada 15 Agustus 1945, dua hari sebelum Sukarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

Tanda dari pembacaan proklamasi itu adalah sebuah Tugu Proklamasi di perempatan Kejaksan, Cirebon. Sebuah tugu yang nyaris terlupakan.

Soedarsono melakukan hal itu setelah menerima berita dari Syahrir, bahwa Radio BBC London memberitakan tentara Jepang telah menyerah kepada sekutu pada 14 Agustus 1945.

Namun sayang naskah proklamasi tersebut tidak ada yang memiliki. Apakah sama dengan yang dibacakn Soekarno atau berbeda. 

Guna memperingati hal tersebut setiap 15 Agustus para pemuda Cirebon berkumpul di lokasi tugu. Salah satu ormas menginisiasi adalah XTC kota Cirebon.

"Kami bangga kota Cirebon menjadi bagian sejarah kemerdekaan negara ini. Oleh karena itu kami selalu menginisiasi tanggal 15 memperingati proklamasi kemerdekaan di kota Cirebon," tukas Jaka Permana ketua XTC Ciko.(Ach)

Utama

AHY Tegaskan Tuduhan Dirinya Dalangi Demo UU Ciptaker Sangat Menyakiti Hati Nurani Rakyat

Jakarta : Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono  membaca headline Koran Tempo dan Kompas hari ini. Kedua harian nasional itu m...