Kamis, 04 April 2019

AHY Hadiri Isra Mi'raj Pesantren Al-Zaytun Indramayu

E-NewsIndonesia - Man jadda wa jadda, siapa yang berusaha dengan yakin, maka keberhasilan akan menghampirinya. Kalimat tersebut terucap oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Direktur Eksekutif Yudhoyono Institute.

"Jangan sampai pernah berharap kita sebagai bangsa Indonesia bisa lebih baik lagi ke depan, jika kita tidak punya keyakinan. Man jadda wa jadda, siapa yang berusaha dengan yakin, maka keberhasilan akan menghampirinya," tegas AHY di depan sekitar 10 ribu santri, guru dan pengasuh pondok pesantren Al-Zaytun. 

Mereka memenuhi Masjid Rahmatan li'l Alamin di kompleks pesantren yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (3/4-2019) siang.

AHY menyampaikan hal tersebut dalam orasi kebangsaan bertema 'Mewujudkan Integritas Bangsa menuju Indonesia Abadi' dalam peringatan Isra Mi'raj yang diselenggarakan Pondok Pesantren Al-Zaytun.

AHY mencontohkan pentingnya keyakinan yang kuat melalui kisah Isra Mira'j, yakni perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha di Palestina (Isra), lalu dari Masjidil Aqsha menuju Sidrathul Muntaha atau langit ke-7 (Mi'raj) untuk mendapatkan perintah salat lima waktu. 

"Kita harus yakin seperti kita yakin pada bagaimana Isra Miraj itu terjadi. Keyakinan seperti itu yang dibutuhkan bangsa kita ke depan. Kerja keras dan kerja sama harus kita lakukan untuk kebaikan bangsa kita ke depan," jelas AHY. 

Khusus pada generasi muda santri, AHY menegaskan, "Indonesia harus bisa memiliki generasi bangsa yang mengedepankan nilai nasionalis dan religius. Indonesia harus dapat diawaki oleh generasi penerus bangsa yang memiliki jati diri yang kokoh, serta kemauan untuk menyebarkan nilai Islami yang membawa kemaslahatan bagi seluruh umat manusia."

Dalam sambutan balasannya, pendiri dan pimpinan pondok pesantren Al-Zaytun Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang (75) atau yang dikenal juga dengan Syaikh Panji Gumilang, tidak menyembunyikan kekagumannya pada pemikiran-pemikiran AHY. "Ayahanda SBY harus merelakan ananda AHY untuk maju jadi Presiden tahun 2024," katanya menasehati, disambut tepuk tangan riuh para santri. "AHY memiliki keunggulan pemikiran dan keunggulan fisik sebagai pemimpin," ketika ditanya kenapa ia mendorong AHY maju jadi Presiden mendatang. 

Dua putrinya maju sebagai caleg dari Partai Demokrat. Anis Khoirunissa menjadi caleg DPR RI untuk Dapil Jabar 8 (Kab-Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu) sedangkan adiknya Shofiya al Widad menjadi Caleg DPRD Kabupaten Indramayu.

Sebelum orasi, Syaikh Panji mengajak AHY berkeliling kompleks pesantren seluas 1.200 hektar ini, termasuk lahan sawah dan waduk yang tengah dibangun. "Untuk menghidupi puluhan ribu orang di sini, lebih baik kami mandiri," kata Syaikh Panji. 

Turut mendampingi AHY dalam kegiatan ini antara lain Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara dan wakil ketua komisi I DPRD Jabar Sri Budihardjo Herman. (Ach)

Utama

AHY Tegaskan Tuduhan Dirinya Dalangi Demo UU Ciptaker Sangat Menyakiti Hati Nurani Rakyat

Jakarta : Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono  membaca headline Koran Tempo dan Kompas hari ini. Kedua harian nasional itu m...