Selasa, 26 Februari 2019

Timnas Indonesia Juarai Piala AFF U-22 Setelah Taklukan Thailand

E-NewsIndonesia - Garuda Muda kembali kepakan sayap indah. Timnas Indonesia U-22 sukses meraih gelar juara Piala AFF U-22 2019 setelah meraih kemenangan 2-1 atas Thailand di pertandingan final yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). 

Meski sempat tertinggal lebih dulu, gol Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay menjadi penentu gelar juara menjadi milik Tim Garuda Muda.

Babak pertama berakhir tanpa gol dan score kacamata. Pada babak kedua, Thailand mulai berusaha bermain lebih lepas. Lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 pun mulai tertekan, Awan Setho harus mulai menghalau serangan-serangan tim Gajah Putih.

Menit ke-57 Kapten Thailand, Saringkan Promsupa, berhasil mencetak gol dengan tandukan setelah menerima umpan tendangan bebas dari rekan setimnya.

Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-22 berhasil membalas lewat gol yang dicetak Sani Rizki Fauzi pada menit ke-58. Mendapat umpan dari Gian Zola, tembakan dilepas Sani Rizki dan membentur tubuh bek Thailand, Marco Ballini. Bola berubah arah dan gagal dihalau oleh kiper Thailand, Korraphat Nareechan kedudukan berubah imbang 1:1.

Timnas Indonesia U-22 berhasil berbalik unggul pada menit ke-63. Seperti halnya gol yang dicetak Thailand, Tim Garuda Muda berhasil mencetak gol lewat tandukan Osvaldo Haay setelah menerima umpan tendangan bebas Luthfi Kamal Baharsyah.

Tertinggal satu gol membuat para pemain Thailand termotivasi untuk bisa menyamakan kedudukan lagi. Para pemain Thailand berusaha untuk menekan lini pertahanan Tim Garuda Muda.

Dalam keadaan unggul, Timnas Indonesia U-22 harus kehilangan bek tengah sekaligus kapten tim. Bagas Adi Nugroho melakukan pelanggaran keras yang tidak perlu. Pemain Thailand yang masih jauh dari kotak pinalti dilanggarnya dengan keras yang ahirnya wasit mengusirnya dengan kartu merah. 

Gawang Awan Setho kemudian digempur oleh Thailand. Namun, kukuhnya pertahanan meski tanpa Bagas Adi membuat Thailand tak berhasil memaksimalkan peluang-peluang yang mereka miliki.

Indonesia terus ditekan bertubi-tubi. Namun Timnas mampu mendapatkan peluang super manis saat Osvaldo Haay lolos dari pemain belakang Thailand dan berhadapan dengan kiper. Namun sayang tidak mampu dimanfaatkan dengan baik.

Sampai wasit meniupkan peluit panjang dan Timnas Indonesia U-22 pun resmi menjadi juara Piala AFF U-22 2019 dengan kemenangan 2-1 atas Thailand

INDONESIA JUARA PIALA AFF U22 2019
FINAL
FT: Indonesia 🇮🇩 2-1 🇹🇭 Thailand
[ 0-1 ] Saringkan Promsupa 57'
[ 1-1 ] Sani Rizki 59'
[ 2-1 ] Osvaldo Haay
.
JUARA 3
FT: Vietnam 🇻🇳 1-0 🇰🇭 Kamboja
[ 1-0 ] Lê Xuân Tú 86'

Saat wawancara Osvaldo Haay salah satu pencetak gol kemenangan Indonesia mengatakn dirinya bangga Timnas juara. Namun ini merupakan hasil kerjasama tim bukan karena gol yang dia bikin.

"Ini hasil kerja keras tim hingga kami menjadi juara. Serta do'a dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia kami mampu memenangi pertandingan ini," tutur Osvaldo.(Ach/Ish)

Utama

Libur Kampanye Sehari, Cawabup Ratnawati Ajak Anak Yatim Jalan-jalan

Indramayu - Padatnya jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu tak membuat alasan berkurangnya perhatian salah satu calon...