Sabtu, 11 Agustus 2018

Timnas Indonesia Juarai Piala AFF U-16 Setelah Mengalahkan Thailand Lewat Adu Penalti

E-NewsIndonesia - Timnas U-16 Indonesia berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 setelah mengalahkan timnas Thailand lewat adu penalti pada partai final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/08-2018).

Sebelumnya pertandingan berakhir dengan skor 1-1 sebelum babak penalti dilangsungkan. Gol Garuda Asia dicetak oleh Fajar Fatchur Rohman di menit 33′, sementara gol balasan Thailand dicetak oleh Apidet Janngam di menit 72′.

Skuat asuhan coach Fakhri Husaini terus menggempur lini pertahanan Thailand. Beberapa peluang emas kembali didapatkan.

Andre Oktaviansyah memberikan umpan ke Bagus Kahfi di dalam kotak penalti, Bagus kemudian membalikkan badan dan menendang bola ke gawang, sayang masih membentur tiang.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh David Maulana dan kawan-kawan namun tidak menemui sasaran, sementara Thailand mengandalkan skema serangan balik cepat yang masih dapat diantisipasi oleh lini pertahanan Indonesia.

Pada menit 28’, timnas Indonesia berhasil mencetak gol ke gawang Thailand melalui Muhammad Supriadi. Namun wasit menganulir gol tersebut karena Supriadi sudah berada di posisi offside.

Gol yang dinantikan terjadi pada menit 33’. Berawal dari umpan terobosan indah yang dikirimkan oleh David Maulana, Fajar Fatchur Rohman berhasil men-chip bola untuk mengelabui kiper Thailand dan mencetak gol. 1-0 Indonesia unggul.

Hingga wasit meniupkan peluit berakhirnya babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan timnas Indonesia tetap bertahan.

Babak kedua, permainan dari kedua kesebelasan tampak lebih terbuka setelah timnas Thailand berusaha keluar untuk menyamakan kedudukan.

Kedua tim silih berganti melakukan penyerangan, namun belum ada peluang emas didapatkan hingga menit 60′.

Pada menit 62′, peluang emas diperoleh Indonesia setelah umpan panjang dari Yuda berusaha dikejar oleh Supriadi yang lolos dari jebakan offside. Tetapi masih dapat diamankan oleh pemain belakang Thailand.

Dua menit berselang, giliran Bagus Kahfi yang mendapatkan peluang untuk mencetak gol usai menerima umpan panjang dari kiper Ernando, namun belum menemui sasaran.

Timnas Indonesia terus berusaha untuk menggempur pertahanan Thailand. Peluang emas kembali didapatkan di menit 65′ lewat Bagus, tetapi tendangannya dari luar kotak penalti masih dapat ditangkap kiper Thailand.

Satu menit kemudian giliran Supriadi yang melakukan tendangan dari luar kotak penalti, namun kembali kiper Thailand mampu mengamankan bola.

Terus menekan, kelengahan justru terjadi di lini pertahanan Indonesia. Berawal dari skema set-piece, di menit 72′ Thailand berhasil menyamakan kedudukan lewat Apidet Janngam. 1-1 skor sama kuat.

Tidak ingin kehilangan muka di depan publik sendiri, timnas Indonesia berusaha untuk kembali mencetak gol. Melalui kerjasama segitiga Yuda, Sutan Zico dan Supriadi, Garuda Asia hampir kembali mencetak gol. Sayang tendangan Supriadi masih dapat ditangkap oleh kiper Anuchid.

Peluang demi peluang didapatkan timnas Indonesia, tetapi hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-1 tetap bertahan. Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Babak penalt penjaga gawang timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi berhasil menjadi pahlawan usai menggagalkan dua tendangan penalti yang dilakukan oleh Thailand. Sedangkan seluruh penendang penalti Indonesia berhasil mencetak gol. Indonesia ahirnya keluar sebagai juara piala AFF U-16 tahun 2018.(Ach)

Utama

PP Muhammadiyah Apresiasi Partai Demokrat Yang Terus Bangun Komunikasi dan Dengarkan Suara Rakyat

Jakarta : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan silaturahmi politiknya. Setelah sebelumnya mengunjun...