Jumat, 13 Juli 2018

M. Zohri Dari Sebuah Gubuk Tua Jadi Juara Dunia

E-NewsIndonesia - L. Mohammad Zohri asal dusun Karang Pangsong, desa pemenang barat Kecamatan Pemenang , Kab Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat mengharumkan nama Indonesia dan mengibarkan merah putih setelah menjadi sang juara Dunia yang telah memecahkan rekor tahun 2018 di  Finlandia lari 100 m.

Siapa sangka pemuda ini tinggal dalam rumah yang tidak layak huni. Zohri tinggal dalam sebuah gubuk bambu. Tembok bambu yang ditutup dengan koran, dengan atap bocor. 

Puluhan medali sudah dihasilkanya, mulai dari lokal nasional hingga internasional, termasuk di Jepang, Singapura dan Finlandia.


Riwayat prestasinya ;
- Tahun 2017
  7 emas Kejurnas

Tahun 2018 : 
- Juara I (emas) atletik junior Asia 100 M di Jepang dengan catatan waktu 10.27 Detik.

- Juara Dunia Junior (emas) 100 M di Finlandia dengan catatan waktu 10.18 Detik.

Lalu Mohammad Zohri itu anak yatim piatu. Tinggal di gubuk reyot di Kabupaten Lombok Utara yang oleh orang Mataram dan sekitarnya kerap disebut Daye (Utara).  Saat ini  masih tercatat sebagai atlet PPLP NTB dibawah binaan Dispora NTB yg dikomandani oleh pendekar perempuan Husnanidiaty Nurdin. Zohri Masih Kelas 3 SMA di SMAN 2 Mataram. 

Pertama masuk PPLP tahun 2016. Orang pertama yang nemukannya adalah guru olahraga SMPN 1 Pemenang - KLU, ibu Rosida. 
Sejak masuk Asian Games,  Zohri dikirim PB PASI  Bob Hasan ke Amerika. Di sana diperbaiki beberapa tekniknya dan semakin baik. 

Zohri sebenarnya bukan unggulan juara. Ia pun saat final hanya berada di garis start paling kanan karena hanya sebagai runner up di babak penyisihan. Sedangkan atlet unggulan lainya dari Amerika dan Zimbabwe berada sebelah kiri.

Siapa sangka Zohri membuat para unggulan tidak percaya bahwa anak ini mampu menjadi yang tercepat di dunia dan memecahkan rekor baru. Zohri yang mengetahui bahwa dirinya keluar sebagi juara dunia langsung sujud Syukur. Zohri adalah pemuda yang taat beribadah dan rajin melakukan puasa. 

Pemerintah langsung merespon prestasi Zohri dengan merubahnya menjadi rumah yang lebih layak. Bahkan dari kemenpora menjanjikan sebuah rumah mewah untuk Zohri agar tidak tinggal di gubuk bambu lagi. (Ach)

Utama

Barisan Partai Perindo Sliyeg Siap Menangkan SHOLAWAT

Indramayu - Barisan Relawan Perindo (BARINDO) mengadakan sosialisasi pemenangan paslon SHOLAWAT (Sholihin-Ratnawati) di desa Gadingan Sliyeg...