Sabtu, 23 Juni 2018

Tampil Superior Belgia Bikin Tunisia Menangis

E-NewsIndonesia - Tampil Superior Belgia kembali menunjukkan diri sebagai tim yang patut diperhitungkan di Piala Dunia 2018. Setalah menggilas Panama 3-0 kali ini kembali kemenangan besar 5-2 atas Tunisia dalam partai lanjutan Grup G di Spartak Stadium, Moskwa pada Sabtu (23/6-2018) malam WIB.

Hujan gol ini tercipta berkat andil Eden Hazard dan Romelu Lukaku, yang masing-masing memborong dua gol. Kemenangan ini menggaransi kelolosan Belgia ke babak 16 besar. Sementara Tunisia dipastikan tersingkir setelah menderita kekalahan kedua mereka di turnamen.

Belgia masih mengandalkan susunan pemain yang identik seperti saat mereka melibas Panama 3-0 di laga pertama. Sejak kick-off, Belgia langsung tampil menyengat dan bahkan sudah membuka keunggulan di menit kelima via titik putih.

Tunisia awalnya meminta wasit meninjau VAR lantaran meragukan pelanggaran Syam Ben Youssef terhadap Hazard terjadi di dalam kotak penalti, namun tuntutan ini tidak digubris. Hazard sendiri yang bertindak sebagai eksekutor dan sukses menciptakan gol penalti ke-10 di turnamen sejauh ini

Belgia terus menyerang bertubi-tubi di 15 menit pertama dan Farouk Ben Mustapha cukup beruntung gawangnya tidak langsung kembali jebol. Namun di menit ke-16, kiper Tunisia itu tak bisa berkutik mengadang tembakan Lukaku. Menerima umpan terobosan Dries Mertens, Lukaku menemui celah di sela-sela kaki Ben Youssef untuk menggandakan skor.

Selang dua menit, Tunisia memberikan respons cepat dengan mencetak gol balasan lewat situasi bola mati ketika tendangan bebas Wahbi Khazri mampu ditanduk Dylan Bronn. Gol ini menghadirkan optimisme bagi Tunisia seiring permainan mereka yang membaik di pertengahan babak pertama. Beberapa kali Thibaut Courtois dibuat bekerja keras.

Sayang, Tunisia kehilangan konsentrasi jelang turun minum. Mereka rentan terhadap serangan balik Belgia, seperti ketika umpan mendatar Kevin De Bruyne nyaris disambar Lukaku. Beberapa detik setelahnya, Tunisia kehilangan bola di belakang dan membuat Thomas Meunier leluasa memberikan assist manis kepada Lukaku untuk dituntaskan secara brilian menjadi gol ketiga Belgia.

Di awal babak kedua, Tunisia mencoba bermain menyerang untuk mengejar ketertinggalan dan sanggup menciptakan sejumlah peluang matang. Namun permainan terbuka Tunisia ini justru membuka jalan bagi Belgia untuk melancarkan serangan balik berbahaya, sebagaimana yang terjadi di menit ke-51.

Sebuah umpan lambung dari Toby Alderweireld berhasil menemui Hazard yang lolos dari jebakan off-side. Hazard kemudian mengontrol bola, melewati terjangan kiper Ben Mustapha, dan menceploskan bola ke gawang kosong, 4-1. Gol ini membuat Belgia bermain nyaman di sisa laga seiring dimasukannya pemain pengganti seperti Marouane Fellaini dan Michy Batshuayi.

Bahkan, Belgia seharusnya bisa menciptakan setidaknya tiga gol tambahan dari Batshauayi seorang diri. Batshuayi menciptakan tiga peluang emas, namun digagalkan oleh sapuan Yassine Meriah di tepat garis gawang, dimentahkan tiang gawang, hingga ditepis secara gemilang oleh Ben Mustapha.

Batshuayi akhirnya baru bisa mencetak gol di menit ke-90 melalui sontekannya menyambut umpan silang Youri Tielemans. Di saat Belgia bersiap menutup laga dengan kemenangan 5-1, Tunisia mampu mencetak gol hiburan lewat Khazri di masa injury time.

Belgia yang bertabur bintang memiliki pemain cadangan yang juga kemampuanya setara. Beberapa pemain bintang bahkan tidak diturunkan pada laga melawan Tunisia. Belgia menyisakan satu pertandingan terahir melawan Inggris.(Ach/Ist)


Utama

Barisan Partai Perindo Sliyeg Siap Menangkan SHOLAWAT

Indramayu - Barisan Relawan Perindo (BARINDO) mengadakan sosialisasi pemenangan paslon SHOLAWAT (Sholihin-Ratnawati) di desa Gadingan Sliyeg...