Jumat, 01 Juni 2018

Merapi Meletus Kembali Warga Diminta Waspada Hujan Abu

E-NewsIndonesia - Merapi alami erupsi dan mengeluarkan magma ke permukaan bumi pada sekitar pukul 8.20 WIB dengan durasi 20 menit. Tinggi kolom 6.000 meter arah Barat Laut teramati dari PGM Jrakah. Letusan terpantau terjadi satu kali Jum'at 1 Juni 2018.

Sutopo Purwo Nugroho Humas BNPB menuturkan Gunung Merapi kembali meletus pada 1/6/2018 pukul 08.20 WIB. BPPTKG melaporkan amplitudo maksimum 77 mm durasi 2 menit, tinggi kolom letusan 6.000 m, arah ke Barat Laut. 

"Letusan hanya sesaat saja. Status Waspada. Belum perlu ada yang mengungsi. Dihimbau tetap tenang," jelas Sutopo

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan perkembangan terkini. 

"Saat ini letusan sudah selesai waspadai hujan abu," tulis akun Twitter resmi BPPTKG.

Status Merapi belum diturunkan, hingga saat ini masih waspada. BPPTKG telah merekomendasikan agar kegiatan pendakian ditutup terlebih dahulu. 

Selain itu, radius 3 kilometer dari puncak dikosongkan  dari aktivitas penduduk, serta masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas gunung tersebut.

Warga sekitaran diminta waspadai hujan abu yang mulai terjadi. Agar membekali diri dengan APD saat keluar rumah.(E01/Ist)

Utama

Barisan Partai Perindo Sliyeg Siap Menangkan SHOLAWAT

Indramayu - Barisan Relawan Perindo (BARINDO) mengadakan sosialisasi pemenangan paslon SHOLAWAT (Sholihin-Ratnawati) di desa Gadingan Sliyeg...