Jumat, 11 Mei 2018

Gunung Merapi Meletus Freatik Status Normal, Masyarakat Dihimbau Tenang Tidak Panik

E-NewsIndonesia - Gunung Merapi meletus freatik pagi ini, pukul 7.32 WIB Jum'at 11/5-2018. Tinggi kolom abu 5.500 m dari puncak. Letusan disertai suara gemuruh. Status Level 1 (Normal), masyarakat harap tenang dan menjauh dari radius 5 Km.

Sekitar 120 orang pendaki berada di bawah puncak kawah Gunung Merapi saat terjadi erupsi. Sekitar 50 orang sudah mendekati kawah. 

Sebuah Vidio yang diunggah salah satu pendaki saat letusan terjadi mereka sedang memasak untuk sarapan pagi. Saat ini semua pendaki dievakuasi. Tidak ada korban jiwa. Jalur pendakian Gunung Merapi ditutup untuk sementara waktu. 

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (BPPTKG) Dr.Dra. Hanik Humaida Msc, mengatakan dalam pernyataan tertulisnya bahwa letusan yang terjadi merupakan letusan minor.

"Pemicu letusan karena akumulasi gas vulkanik dan kemungkinan tidak diikuti oleh erupsi selanjutnya, " jelas Humaida

Adapun status Gunung Merapi pada tingkat normal. Karena letusan tersebut merupakan hal yang biasa terjadi bagi gunung berapi. Namun Humaida menyarankan agar tetap berhari-hati.

"Masyarakat dihimbau tenang namun untuk para pendaki direkomendasikan hanya sampai Pasar Bubrah saja. Terkecuali untuk kegiatan dalam upaya mitigasi bencana," lanjutnya

Iapun mengatakan akan memberitahukan bila ada peningkatan aktifitas yang signifikan maka aktifitas merapai akan ditinjau kembali.

Letusan tersebut menyebabkan hujan abu tipis sekitar Jogjakarta. Relawan dari PMI sudah membagikan masker gratis kepada warga yang membutuhkan.

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...