Rabu, 23 Mei 2018

Dituduh Miliki Ilmu Santet Warga Probolinggo Lakukan Sumpah POCONG

E-NewsIndonesia - Kembali ritual sumpah pocong dilakukan masyarakat sebagai pembuktian tuduhan. Kali ini digelar di Dusun Kolor, Desa Pohsangit Lor, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Pemicunya adalah seorang warga yang dituding memiliki ilmu santet.

Tertuduh bernama Tinasum (53). Yang bersangkutan dituduh memiliki ilmu santet lalu mengirimkan 'penyakit' kepada tetangganya sendiri, Mat Nur (50).

Tuduhan ini dilemparkan oleh Sulima (43), istri Mat Nur. Tinasum dituduh mengirimkan penyakit sesak nafas kepada Mat Nur sejak lima bulan lalu.

Hingga saat ini kondisi Mat Nur juga tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

"Kakak saya sakit terus bermimpi dan melihat wajah Tinasum," ungkap adik Mat Nur, Sahid tentang kondisi sang kakak kepada wartawan, Rabu (23/5/2018).

Sahid sendiri mengaku pernah meminta obat kepada Tinasum, namun permintaan itu tidak dikabulkan. Sahid menambahkan, ia dan warga sudah lama percaya jika Tinasum mendalami ilmu santet.

Untuk membuktikan jika tuduhan itu tak benar, Tinasum pun rela menjalani sumpah pocong di musala setempat. Bahkan tak hanya Mat Nur, Sulima juga bersedia menjalani ritual yang sama.

"Biar adil," tutur Sulima singkat ketika ditanya alasannya.

Ritual dipimpin oleh Rois Syuriah NU Kabupaten Probolinggo, KH Jamaluddin Hariri dan sejumlah pejabat dari MUI, Kapolsek Wonomerto dan Camat Wonomerto

Proses pengambilan sumpah pocong tidak hanya dilakukan tertuduh tetapi juga penuduh. Baik Tinasum dan Sulima dibungkus kain kafan warna putih layaknya jenazah orang yang meninggal dunia. Keduanya kemudian mengucapkan sumpahnya di bawah Al Quran.

Camat Wonomerto Taufik Alami mengatakan, upaya ini ditempuh untuk mendamaikan warga yang berkonflik mengingat ilmu santet sendiri tak dapat dibuktikan secara fisik.

"Dengan jalan pengambilan sumpah pocong dinilai bisa menjadi solusi dalam penyelesaian konflik tersebut," tegasnya kepada wartawan seusai pelaksanaan sumpah.

Dalam pengambilan sumpah pocong ini terlihat pihak penuduh begitu emosi dan meneriakan dengan lantang pengambilan sumpah tersebut.(E01/Ist)

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...