Jumat, 11 Mei 2018

AHY Elektabilitas Tertinggi Sebagai Cawapres, Hinca Berterima Kasih Atas Kerja Keras Kader Demokrat

E-NewsIndonesia - Komandan KOGASMA Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi tokoh paling diunggulkan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Kesimpulan tersebut merupakan hasil survei yang dirilis Roda Tiga Konsultan (RTK), Kamis (10/5/2018).

Direktur Riset RTK Rikola Fedri di Cafe Mandailing, Jalan Lebak Bulus I, Cilandak Barat, Jakarta Selatan mengatakan, dari hasil survei di April terkait elektabilitas cawapres, AHY berada diposisi teratas yakni 18 persen. Elektabilitasnya naik dari survei sebelumnya di September tahun lalu yang bertengger di angka 14,3 persen.

"Ketika (responden) diberi pilihan nama, AHY tetap jadi nomor 1 dengan 18 persen. Kemudian Gatot dengan persentase 14 persenada Muhaimin Iskandar, Sri Mulyani, dan lain-lain," terang Riko.

Nama AHY semakin kuat ketika pertanyaan terkait seberapa besar peluangnya diusung menjadi cawapres Jokowi. Para responden menilai peluang AHY lebih besar dibandingkan dengan Gatot dan tokoh lainnya.

"Jika Jokowi-AHY, yang menyatakan mungkin dan sangat mungkin itu sebesar 70,8 persen. Jokowi-Gatot sebesar 65,7 persen. Jokowi-Wiranto 60,8 persen," lanjut Riko

RTK pun mengambil simulasi pasangan capres dan cawapres dengan hanya menyajikan dua poros yakni bila Demokrat merapat ke kubu Jokowi, dan AHY dipasangkan sebagai calon wakil presiden.

Maka akan mendapatkan dukungan tertinggi 51,3 persen melawan kubu Gerindra apabila jadi berkoalisi bersama PKS dengan memasangkan Prabowo Subianto dan Sohibul Iman sebagai capres dan cawapres yang hanya mampu menarik dukungan 28,6 persen.

"Artinya AHY merupakan tokoh yang paling fleksibel jika berpasangan dengan Jokowi atau dengan Prabowo pada Pilpres 2019,” pungkasnya.

Sementara itu menanggapi hasil survey, Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan berterimakasih atas kerja keras dari kader partai Demokrat sehingga elektabilitas AHY dan partai Demokrat menjadi lebih baik.

"Sore tadi RodaTiga Konsultan rilis Surnas 2018, tempatkan AHY sebagai Cawapres tertinggi dengan elektabilitas 18% dan Capres 4%, nomor tiga setelah Jokowi dan Prabowo. Partai Demokrat naik jadi 7,8% setelah bulan September 2017 angkanya 6,7%. Terimakasih dukungan masyarakat dan para kader yang sudah kerja keras," jelas Hinca

Ia mengatakan hasil Survei Nasional Roda Tiga Konsultan memberikan cermin bersih bagi dinamika kehidupan politik nasional yang menjadi salah satu sarana untuk mengambil keputusan. 

"Bagi Partai Demokrat kami selalu menghormati semua hasil lembaga survei," pungkasnya.(E01/Ist)

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...