Kamis, 05 April 2018

Budidaya Kerang Hijau Samadikun Selatan Bantu Ekonomi Nelayan

E-NewsIndonesia - Kelompok budidaya kerang hijau atau lebih dikenal dengan ijoan semakin berkembang di RW.10 Samadikun Selatan kota Cirebon.

Mereka membentuk KUBE ( Kelompok Usaha Bersama ) budidaya kerang hijau yang di bawah binaan Dinas Sosial ( Bantuan Pendanaan ) nya di RW.10 Samadikun Selatan. Kelompok ini terbentuk sejak September tahun 2016. 

"KUBE kerang ijo " Samadikun Bersatu 1" dan " Samadikun Bersatu 2" . KUBE 1 di ketua'i Bpk. Safi'i dan berjumlah 10 orang. KUBE 2 di ketua'i Bpk. Misnen dng jumlah anggota 10 orang," jelas Lukman Santoso Pembina KUBE

Menurut Lukman hingga jelang akhir April nanti tiap kelompok sudah hampir melakukan 4 kali masa panen. Kisaran umur kerang sendiri sekitar 4-5 bulan. 

"Pada kesempatan sore ini. Saya berkesempatan memonitor tempat budidaya kerang ijo milik Kube 1. Yang Insyaallah 3 minggu ke depan akan siap dipanen. Harga pada saat ini berkisar Rp. 2.800,-/ kg," tutur Lukman kepada e-newsindonesia.com kamis, 5/4-2018.

Ia sangat berharap adanya Kube ini bisa membantu ekonomi warga nelayan Samadikun. Sebagai usaha altenative sebagai nelayan di kala hasil tangkapan laut yang lagi tidak baik.

"Usaha ini sangat membantu ekonomi nelayan kalamana hasil tangkapan laut kurang baik. Cuaca ekstrim yang belakangan terjadi mempengaruhi hasil tangkapan nelayan. Adanya usaha alternative ini bisa membantu dapur tetep ngebul," pungkasnya.(E01)

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...