Sabtu, 03 Maret 2018

Paus Terdampar Akhirnya Bisa Melaut Kembali

E-NewsIndonesia - Balai Besar KSDA Jawa Timur bersama Balai TN Baluran, Polairud, TNI AL, BPSPL KKP, Kopenhagen Zoo, Jasalindo dan masyarakat sekitar berhasil menyelamatkan satu ekor Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak.

Paus tersebut terdampar di Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Penyelamatan dilakukan sejak Jumat pagi dan setelah kurang lebih 12 jam berlangsung, tim akhirnya berhasil mengembalikan paus tersebut ke laut pada pukul 01.00 WIB dini hari 3/3-2018.

Penyelamatan paus dilakukan Tim dari pagi hingga sore hari agar satwa tenang dan nyaman dengan menjauhkan adanya gangguan dari masyarakat yang ramai ingin melihat. Tim juga menyelimuti si mamalia besar tersebut dengan kain/karpet basah sampai menunggu air pasang optimal.

Lokasi terdamparnya seekor paus sepanjang sekitar 17 meter di Pantai Jangkar, Situbondo, mendadak jadi tempat wisata dadakan. Hingga pukul 16.00 WIB, warga terus ramai berdatangan ke tepi pantai setempat. Tak puas menyaksikan dari tepi pantai, sebagian warga memilih menumpang perahu motor untuk mendekati posisi hewan mamalia raksasa tersebut.

Karuan saja, kondisi ini menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan pemilik perahu motor. Tak perlu mencari ikan, para nelayan setempat 'panen raya' angkutan penumpang. Tidak tanggung-tanggung, sekali tarikan ke tengah laut mereka bisa membawa 20-25 orang penumpang. Sementara tiap penumpang ditarik jasa Rp 5.000/orang.

Pantauan detikcom di lokasi menyebutkan, pengunjung di lokasi paus terdampar terus berdatangan. Hingga pukul 15.00 WIB, ratusan pengunjung terus bertahan di tepi pantai Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Jangkar. Sebagian harus antre menumpang perahu motor untuk mendekati lokasi paus, yang berjarak sekitar 500 meter dari bibir pantai.

Selama berada di laut, pengunjung sengaja dimanja si pemilik perahu motor dengan berputar-putar mengelilingi paus. Sesekali perahu juga berhenti sejenak pada jarak cukup dekat dengan si paus. Kesempatan ini dimanfaatkan sebagian pengunjung untuk berselfie atau sekedar mengambil foto atau video paus.


Seekor paus berukuran besar terdampar di Pantai Situbondo. Warga pun berenang bersama dengan paus yang panjangnya diperkirakan 17 meter itu, untuk dievakuasi.

Hewan mamalia itu terjebak ke laut dangkal pada jarak sekitar 500 meter dari bibir pantai Desa/Kecamatan Jangkar. Berbagai upaya dilakukan nelayan setempat, agar paus itu kembali ke tengah lautan.

Utama

PP Muhammadiyah Apresiasi Partai Demokrat Yang Terus Bangun Komunikasi dan Dengarkan Suara Rakyat

Jakarta : Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan silaturahmi politiknya. Setelah sebelumnya mengunjun...