Rabu, 21 Februari 2018

Pemkot Cirebon Distribusikan Bantuan Korban Banjir

E-NewsIndonesia - Guna meringankan korban banjir, Pemerintah Daerah Kota Cirebon langsung distribusikan bantuan makanan untuk warga. Bencana banjir sudah 4 kali menerjang sejumlah wilayah di Kota Cirebon.

Bantuan diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si, Selasa, 20  Februari 2018 , sekitar pukul 22.00 WIB. Bantuan yang diberikan diantaranya pakaian, selimut, makanan instan, sarana hiburan serta perlengkapan bayi. 

"Bantuan ini untuk meringkankan warga yang mengalami korban banjir," ungkap Asep. 

Tidak hanya bantuan makanan, bantuan obat-obatan dari puskesmas juga telah diberikan kepada warga yang terkena banjir.

Asep pun mengakui jika banjir sudah menerjang pemukiman warga beberapa kali. Banjir dikarenakan intensitas hujan yang tinggi.

"Terutama intensitas hujan di daerah hulu, dibutuhkan sinergi diantara berbagai pihak untuk menanggulangi permasalahan banjir ini,"

Sementara itu Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, Agung Sedijono, mengungkapkan banjir kemarin menerjang 3 titik di Kota Cirebon. Masing-masing di Kelurahan Kalijaga dan Kelurahan Kecapi di Kecamatan Harjamukti serta di Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi.

Banjir pada Selasa, 20 Februari 2018 dimulai dari curah hujan yang cukup tinggi sekitar pukul 15.00 WIB. Curah hujan yang tinggi sebelumnya juga terjadi di wilayah hulu, yaitu di Kabupaten Kuningan. 

Selanjutnya sekitar pukul 15.00 WIB air sudah meluap masuk ke jalan dan sekitar pukul 16.00 WIB air sudah merendam rumah warga. 

"Sedangkan air surut sekitar pukul 18.00 WIB di hari yang sama," ungkap Agung. 

Personil dari Kantor Penanggulangan Bencana Daerah Kota Cirebon bersama dengan Tim SAR gabungan Basarnas, TNI dan Polisi langsung terjun ke lokasi yang dilanda banjir. 

"Banjir kemarin termasuk parah karena ketinggian air ada yang mencapai 2 meter," ungkap Agung. 

Ada pun korban terdampak yaitu sebanyak 1.098 jiwa. Khusus di Kelurahan Kalijaga, lanjut Agung banjir sudah menerjang wilayah tersebut sebanyak 4 kali dimulai dari 9 Februari hingga 20 Februari 2018. Masing-masing di RT 07 dan RW 08 RW 3 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.  

"Dari pendataan, kelurahan Kalijaga paling parah terdampak bencana banjir. Saat ini pendataan juga masih terus dilakukan,” pungkasnya.(E05)


Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...