Senin, 19 Februari 2018

Dicegat Paspampres Gubernur DKI Cuek, Anies Katakan Terpenting Persija Juara

E-NewsIndonesia - Kemenangan Persija pada Piala Presiden 2018 yang didambakan Gubernur DKI Jakarta Anises Baswedan meninggalkan sedikit insiden. Anies dicegat Paspampres saat mau turun mendampingi presiden Jokowi menyerahkan tropi Sabtu, 17/2-2018 lalu di Gelora Bung Karno.

Sebuah vidio yang viral memperlihatkan Paspampres melarang Gubernur DKI mendampingi Jokowi. Anies terlihat tidak memaksakan dan kembali ke tempat duduknya dengan raut wajah kecewa.

Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta seharusnya mendampingi Presiden menyerahkan piala. Seperti yang tertuang dalam UU Protokoler bahwa seorang Gubernur wajib mendampingi Presiden bila ada acara di wilayah teritorial Gubernur bersangkutan.

Insiden ini tentunya menjadi viral dan mendapat kecaman para netizen yang menyayangkan adanya insiden ini. Hal tersebut mendapat klarifikasi dari panitia penyelnggara.

Anggota Steering Committee (SC) Piala Presiden 2018, M Misbakhun, menilai tidak ada unsur kesengajaan yang dilakukan Pasukan Pengaman Presiden. Sehingga Gubernur DKI Anies Baswedan, tidak diizinkan mengikuti rombongan Presiden Jokowi, saat menyerahkan trofi juara ke Persija Jakarta.

Insiden itu terekam dalam video yang menjadi viral di media sosial. Saat Anies hendak ikut turun dari panggung VVIP, seorang anggota Paspampres melarangnya untuk ikut. Hingga, mantan Mendikbud itu terpaksa kembali ke kursinya.

"Paspampres  hanya menjalankan SOP (standard operating procedure) dalam menjalankan tugas sesuai yang diatur oleh protokoler yang sudah ada di protap,” kata Misbakhun di Jakarta, Minggu 18 Februari 2018.

Politikus Partai Golkar itu bahkan mengaku, antara Jokowi dan Anies sangat akrab saat menonton laga Persija melawan Bali United itu. Misbakhun yang turut berada di dekat keduanya, mengatakan Jokowi bahkan menghampiri Anies ketika tim ibukota itu berhasil membobol gawang lawannya.

"Saya saksi mata banyak momen tersebut di stadion GBK saat final Piala Presiden 2018, baik itu saat di ruang tunggu maupun di bangku VVIP stadion," kata Misbakhun.

Bahkan, politisi asal Pasuruan Jawa Timur itu mengaku melihat banyak momen  keakraban Jokowi dengan Anies. Dia juga yakin sejumlah pejabat melihat itu seperti Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua BPK Moermahadi Soerja, Menkopolhukam Wiranto, Menpora Imam Nahrawi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan dan Wakapolri Komjen Syafruddin juga hadir menyaksikan final Piala Presiden 2018 dan duduk di kursi VVIP.  

"Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan saat Persija Jakarta menjadi juara setelah mengalahkan Bali United. Banyak sekali momen-momen penting di final Piala Presiden 2018 yang bisa menggambarkan bahwa semua berjalan dalam suasana yang sangat hangat dan penuh kekeluargaan," ujarnya

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dikonfirmasi tanggapan tentang insiden tersebut terkesan tidak ambil pusing.

"Bukan masalah penting insiden tersebut, yang penting Persija juara," ucap Anies singkat sambil tersenyum.(E01/Ist)

Utama

Barisan Partai Perindo Sliyeg Siap Menangkan SHOLAWAT

Indramayu - Barisan Relawan Perindo (BARINDO) mengadakan sosialisasi pemenangan paslon SHOLAWAT (Sholihin-Ratnawati) di desa Gadingan Sliyeg...