Sabtu, 24 Februari 2018

Banjir Cirebon Rendam Jalur Kereta Ribuan Penumpang Tertahan Di Stasiun Senen

E-NewsIndonesia - Adanya banjir besar yang melanda wilayah Losari di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, telah memutus jalur kereta api utama di Pulau Jawa. Ini karena jalur kereta terendam oleh air bahkan bantalan tergerus air.

Akibat peristiwa ini, puluhan rangkaian kereta api tak bisa melanjutkan perjalanan dan menunda keberangkatan. Bahakan kereta api Argo Lawu dari jawa tujuan Jakarta dialihkan dengan kendaraan Bus.

Jumat malam, 23 Februari 2018, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, ribuan penumpang telantar karena tak ada rangkaian kereta api tujuan kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang bisa diberangkatkan.

Begitupun sebaliknya banyak rangkaian kereta yang seharusnya sudah tiba, tapi hingga malam ini masih tertahan akibat tak bisa melalui jalur kereta api yang terendam banjir.

Jalur kereta api Jawa tak bisa dilintasi karena tergerus banjir akibat luapan air Sungai Cisanggarung. Air di sungai yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, meluap karena tanggulnya jebol.

Wilayah Daop 3 Cirebon, terdapat dua titik rel yang tak biasa dilalui kereta karena banjir, yaitu di ada dua lokasi.

Pertama, di KM 253+300 sampai dengan 254+400 antara Stasiun Ketanggungan - Stasiun Ciledug (arah Purwokerto) sepanjang 700 meter, air meluap dengan kedalaman 90 sentimeter.

Kedua, di KM 185+500 sampai dengan KM 186+600 antara Stasiun Tanjung - Stasiun Losari (arah Tegal) terendam banjir dengan ketinggian air 50 sentimeter di atas kop rel.

Edy Kuswoyo Manager Humas KAI DAOP 1 Jakarta menuturkan, ada 33 keberangkatan kereta api di Daop 1 Jakarta yang mengalami gangguan keterlambatan keberangkatan dan kedatangan.

"Kemungkinan kereta api yang melintas jalur tersebut akan dialihkan atau memutar, dan akibatnya akan terjadi keterlambatan kedatangan," kata Edy Kuswoyo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 23 Februari 2018.

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dan terganggunya perjalanan kereta api.

Para penumpang kereta bisa menukarkan tiket kereta dengan uang bila ingin menggunakan transportasi lain. PT KAI akan mencoba mengalihkan rute perjalanan melalui jalur selatan yang tentunya akan memakan waktu lebih lama dari biasa. Pihak KAI juga berharap hari ini bisa kembali mengoperasikan kereta lewat jalur pantura.(E01)


Utama

Barisan Partai Perindo Sliyeg Siap Menangkan SHOLAWAT

Indramayu - Barisan Relawan Perindo (BARINDO) mengadakan sosialisasi pemenangan paslon SHOLAWAT (Sholihin-Ratnawati) di desa Gadingan Sliyeg...