Rabu, 10 Januari 2018

Oki-Edo Lengkapi Persyaratan Pendaftaran Ke KPU

E-News Indonesia - Pasangan calon walikota dan wakil walikota Cirebon Bamunas Setiawan Boediman- Effendi Edo (Oki-Edo), kembali mendatangi kantor KPU, Rabu 10/1-2018 sekitar pukul 13.00 WIB.

Keduanya bermaksud melengkapi berkas-berkas yang sehari sebelumnya dianggap belum lengkap. Mereka diterima  oleh komisioner KPU, Emirzal Hamdani, Dita Hudayani, Sanusi,  Arief S,  M Iwan Setiawan, dan Asep Gandana.

Pasangan Oki-Edo saat pendftaran kemarin kekurangan kelengkapan berkas Bamunas soal bukti tanda terima penerimaan pajak tahun 2016 dan tanda bukti tak memiliki tunggakan pajak. Sementara, Edo kekurangan surat keterangan tak sedang pailit dari pengadilan dan tanda bukti tidak memiliki tunggakan pajak.

Pasangan OKE yang diusung oleh koalisi PDIP, Partai Golkar dan PPP diantar oleh para petinggi partai pengusung. Berbeda dengan kemarin, para simpatisan yang ikut mengawal hanya sedikit.

“Kami bersyukur persyaratan dinyatakan lengkap. Kami segera konsolidasi untuk kemenangan pilwalkot,” kata Ketua DPC PDIP Edi Suripno saat jumpa pers pukul 14.45 WIB

Edi menegaskan pihaknya siap merebut kursi walikota-wakil walikota seperti tradisi sebelumnya saat kader terbaik mereka Subardi menjadi walikota dua periode.

Ketua DPD Partai Golkar Toto Sunanto juga berkoar akan merebut kembali kursi walikota yang hilang. 

“Kami dulu mendukung Pak Ano Sutrisno. Namun Almarhum meninggal dan kami kehilangan kursi. Sekarang saatnya kita kembali merebut kursi yang hilan," ujar Toto bersemangat

Pasangan OKI dan EDO sehari sebelumnya selasa 9/1-2017 datng ke KPU mendaftarkan diri dan diterima langsung Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani, SE, AK di dampingi Komisioner KPU, Panwas, Perwakilan PPK PPS dengan diikuti massa pendukung kurang lebih 500 orang.

Pasangan tersebut di usung dari Koalisi 3 Partai yaitu PDI-Perjungan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Saat ini jumlah Kursi di DPRD Kota Cirebon terdapat 35 Kursi sedangkan ke 3 partai adalah : PDIP 7 Kursi P Golkar 4 Kursi PPP 2 Kursi jumlah 13 Kursi dan memenuhi syarat sesuai dengan PKPU No. 3 / tahun 2017 pasal 5 tentang tata cara pencalonan 25 % dari Kursi Pemilu legislatif tahun 2014, DPRD kota 35 x 20 % = 7 Kursi.

Dari hasil penelitian terhadap persyaratan Paslon yang dilakukan Tim KPU bahwa persyaratan pasangan calon memenuhi syarat namun Calon Bamunas Setiawan Budiman kekurangan SPPT tahun 2016, surat tanda bukti tidak ada tunggakan pajak.

Sementara  Effedi Edo kekurangan terdapat kekurangan surat keterangan tanda bukti tidak dalam tunggakan pajak dan surat keterangan pailit berdasarkan putusan dari Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Niaga atau Pengadilan Tinggi.

Dengan demikian dikarenakan terdapat kekurangan persyaratan, KPU Kota Cirebon mengembalikan berkas pasangan calon walikota dan wakil walikota untuk diperbaiki sampai batas waktu tanggal 10 Januari 2018 Pukul 24.00 wib.

Kekurangan tersebut telah dilengkapi oleh pasangan Oki-Edo dan siap untuk bertarung dalam Pilwalkot Cirebon 2018.(E01)

Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...