Rabu, 10 Januari 2018

KPU Pastikan Berkas Pasangan PASTI Lengkap

E-News Indonesia - KPU Kota Cirebon Memastikan bahwa berkas pendaftaran PASTI (Pasangan Azis - Eti) lengkap. Berkas diterima dan diteliti oleh KPU hari Rabu, 10/1-2018. 

Calon Walikota Petahana Nasrudin Azis diantar ratusan pendukungnya ke Kantor KPU Kota Cirebon, Jalan Palang Merah No. 6, Kota Cirebon. Pasangan dengan tagline PASTI (Pasangan Azis Eti) langsung disambut dengan tarian kontemporer Sunda untuk menuju ruangan pendaftaran.

Setelah masuk ruangan pendaftaran, pasangan Azis Eti langsung menyerahkan berkas pencalonan yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani. Kemudian, berkas langsung diperiksa oleh tim pemeriksa. Walaupun ada kesalahan pada penulisan nama calon, semua berkas dinyatakan memenuhi syarat.

PASTI relatif mulus dibandingkan rivalnya, Bamunas Setiawan Boediman (Oki) dan Effendi Edo dari koalisi PDIP, Golkar dan PPP yang harus mengulangi pendaftaran karena berkas tidak lengkap.

Pasangan yang diusung Partai Demokrat, Nasdem, PKPI, PKB, Hanura ini cukup 2,5 jam saja, semua berkas pendaftaran mereka dinyatakan lengkap oleh KPU.
Nasrudin Azi-Eti Herawati tiba di area kantor KPU Kota Cirebon di Jl Palang Merah sekitar puku 14.30. Rombongan sedikit tertahan beberapa saat karena di dalam kantor KPU masih berlangsung pemeriksaan berkas Oki-Edo.

Tepat pukul 15.00 rombongan PASTI memasuki ruang pendaftaran. Para Ketua Partai menyerahkan syarat pencalonan dari partai politik kepada komisioner KPU. Pemeriksaan berkas dilakukan hingga menjelang maghrib. Sekitar pukul 17.30, berkas persyaratan dinyatakan lengkap.

Calon Walikota petahana , Nasrudin Azis mengatakan, mereka baru saja menyelesaikan satu rangkaian penting dalam Pilkada yaitu tahapan pendaftaran. 
"Alhamdulillah sampai saat ini pendaftaran kita dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Kota Cirebon. Baru satu tahapan kami seleseikan masih banyak tahapan lainya," jelas Azis

Azis mengucapkan terima kasih kepada 5 partai pengusung, atas segala perjuangan dan pengorbanan. Pengorbanan yang mencerminkan ketulusan para pendukung.

“Untuk 5 partai pengusung, kami mengucapkan terima kasih dan menaruh hormat sebesar-besarnya. Jasamu takkan kulupakan sampai akhir hayat,” tegas Azis

Sementara itu ketua pemenangan PASTI Darajati Kalamullah mengungkapkan syukur dan terimakasih berkas pendaftaran dinyatakan lengkap.

"Alhamdulillah telah dinyatakan lengkap syarat pencalonan dan syarat calon oleh KPU. Terimakasih untuk semua yang sudah bahu membahu mempersiapkan segala hal teknis kelengkapan pendaftaran,"  tutur Darajati 

Sebelum dinyatakan sah dan lengkap sempat terjadi pembahasan mengenai rekomendasi dari partai pengusung milik bakal calon Wali Kota Cirebon yang berasal dari petahana, Nasrudin Azis disoal tim verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon.

Pasalnya nama yang tertulis dalam surat rekomendasi Partai Demokrat dan Partai Nasdem adalah Nasrudin Azis, padahal nama dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan dokumen kependudukan lainnya adalah Nashrudin Azis.

Tim verifikasi dan Panwaslu Kota Cirebon yang ikut memeriksa kelengkapan berkas pencalonan dan pendaftaran bakal calon Nasrudin Azis-Eti Herawati menyoal perbedaan penulisan nama calon petahana tersebut.

Tim verifikasi dari KPU Kota Cirebon dan Panwaslu Kota Cirebon berkoordinasi dengan pengurus KPU Jabar dan KPU RI. Hasil keputusan memberikan toleransi terhadap kesalahan nama di surat rekomendasi dengan catatan ditambahkan huruf dan dibubuhkan tanda tangan masing-masing ketua partai pengusung.

Setelah keluar keputusan dari tim verifikasi dan Panwaslu Kota Cirebon untuk toleransi kesalahan nama. Berkas pendaftaran pasangan PASTI dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Cirebon.Selanjutnya mereka akan menjalani fase berikutnya pemeriksaan di RS. Hasan Sadikin Bandung.(E01)


Utama

Berawal Kenalan di Aplikasi Kencan, Saat Bercinta Youtuber Dihabisi dan Dimutilasi Jadi 11

Jakarta - Polisi menemukan sosok mayat laki-laki diduga menjadi korban mutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu sore, 16 S...