Kamis, 11 Januari 2018

Koalisi Umat Gagal Mendaftar, Azis Head To Head Melawan Oki

E-News Indonesia - Perkembangan rekomendasi partai untuk mengusung calonnya pada pilkada di Kota Cirebon sangat dinamis dan penuh drama. Salah satunya pembatalan rekomendasi dari DPP PKS untuk Koalisi Umat yang beranggotakan PAN dan Gerindra. Sampai batas ahir pendaftaran PKS tidak mengeluarkan rekomendasi pasangan calon manapun, Rabu 10/1-2018.

Sekalipun tanpa rekomendasi dari PKS pasangan Siswandi dan Euis Fatayati yang diusung Koalisi Umat tetap mendaftarkan diri ke KPU. Menurut kabar yang berkembang mereka menanbah dukungan dari suara sah PBB.

Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani menyerahkan berkas rekomendasi untuk pasangan Siswandi-Euis Fetty Fatayati ke KPU Kota Cirebon begitupun rekomendasi dari Partai Gerindra. Padahal koalisi ini kekurangan satu kursi untuk bisa mengusung calon walikota dan wakil walikota.

Meski kekurangan partai pengusung, Siswandi dan Euis Fetty Fatayati tetap menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Cirebon, 8 menit sebelum ditutup. Mereka hanya mendapat dukungan dari PAN dan Gerindra yang hanya 6 kursi anggota DPRD.

Kurangnya kurai sebagai syarat dikarenakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara mengejutkan tidak memberikan rekomendasi kepada pasangan calon Siswandi-Euis di pilkada 2018.

Keputusan DPP PKS ini berimbas dengan koalisi umat yang dibangun bersama PAN dan Gerindra. Dengan PKS batal memberikan rekomendasi, koalisi umat absen mengusung calon Siswandi-Euis.

Setelah menyerahkan berkas, pasangan Siswandi-Euis yang didampingi ketua dan sekretaris dari PAN dan Gerindra itu, menunggu dukungan dari PKS. Namun, hingga pukul 00.00 sebagai batas waktu pendaftaran rekomendasi dari PKS tidak juga muncul.

Jika memeperhitungkan suara sah partai tetap saja tidak cukup. Suara sah pemilu legislatif kemaren 162.105 sementara itu suara Sah dari : 
PAN - 12.897
Gerindra - 13.996
PBB - 5.837
Total = 32.730
Secara persentase hanya 29,1%, masih kurang dari yang dipersyaratkan 25% suara sah.

Gagalnya pasangan Koalisi Umat menyebabkan pertarungan seru Head To Head anatar Azis - Eti (PASTI) yang diusung oleh Demokrat, PKB, Nasdem, PKPI dan Hanura yang mengantongi 13 kursi berhadapan dengan Oki - Edo yang didukung oleh Golkar, PDIP dan PPP yang memiliki 14 kursi legislative.

Tinggal menunggu akan kemana arahnya PKS, Gerindra dan PAN mengalihkan dukungan apakah akan kembali ke rumah Koalisi Cirebon Maju (KCM) yang mengusung Petahana ataukah akan berpaling ke lain hati.(E01)

Utama

Dialog Dengan Pedagang Kaki Lima, Ketum AHY Luncurkan Gerakan Nasional Demokrat Bina UMKM

Jakarta : Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak. Usaha mereka sepi pembeli...