Kamis, 11 Januari 2018

19 Daerah Calon Tunggal KPU Perpanjang Masa Pendaftaran

E-News Indonesia - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat dari 17 Pelaksanaan Pilkada di tingkat Propinsi dan 169 Pilkada di Kabupaten dan Kota, sebanyak 19 daerah hanya diikuti oleh calon tunggal. Data terakhir yang masuk ke sistim informasi KPU Pusat tanggal 10/1-2018, salah satu daerah yang terbanyak pilkada dengan calon tunggalnya adalah Propinsi Banten.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, fenomena calon tunggal ini menjadi keprihatinan banyak pihak termasuk KPU sendiri.

"Fenomena tersendiri banyak calon tunggal. Mungkin banyak persyaratan yang dirasakan memberatakan calon sehingga sedikit peminat," ttur Ubaid

Pemilihan Bupati (Pilbup) Karang Anyar dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon. Kepastian itu setelah Partai Gerindra menyerahkan dukungan kepada pasangan calon Juliyatmono-Rober Christanto. Total Juliyatmono yang merupakan calon petahana mendapat dukungan delapan partai politik yang memiliki kursi di DPRD, yakni Partai Golkar, PDIP, PAN, PPP, Hanura, Gerindra, PKB, dan Partai Demokrat. 

Sementara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang hanya memiliki enam kursi di DPRD Karanganyar, tidak bisa mengusung calon sendiri. Pada sisi lain, juga tidak ada calon independen yang mendaftar ke KPU Karanganyar. 

KPU Karang Anyar akan memngadakan sosialisasi perpanjangan masa pendaftaran 11-13 januari dan pendaftaran mulai 14-16 Januari 2018.

Sementara itu sebanyak 12 partai politik (parpol) secara resmi menyatakan deklarasi dukungan terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli periode 2018-2023.

12 partai politik tersebut yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP, Demokrat, PAN, Gerindra, Nasdem, PKB, Hanura, PKS, PBB dan PKPI.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Tangerang yang juga calon Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap, dukungan parpol ini bisa memberikan semangat melanjutkan pembangunan infrastruktur. 

"Banyak program digulirkan Pemkab Tangerang yang sudah dirasakan masyarakat. Program tersebut harus dilanjutkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur calon tunggal Buoati Tangerang ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan akan memperpanjang masa pendaftaran Pilkada jika di daerah yang hanya satu pasangan calon (paslon) pendaftar.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, hal itu dilakukan sesuai dengan Vonis MK terkait adanya calon tunggal di Pilkada.

"KPU akan memperpanjang masa pendaftaran hingga tiga hari. Namun jika tetap tidak ada penambahan jumlah pasangan calon, maka KPU akan melanjutkan proses Pilkada meski hanya dengan satu pasangan calon saja," pungkas Arief.(E01)

Utama

Dialog Dengan Pedagang Kaki Lima, Ketum AHY Luncurkan Gerakan Nasional Demokrat Bina UMKM

Jakarta : Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak. Usaha mereka sepi pembeli...